To Love or To Be Loved? Mind to Share Your Story?

Ini sebenarnya pembahasan dari ff Hey, I Love You chapter 5. Banyak yang bicara soal galaunya Kyuhyun ke Siwon ataupun Minho. Jadi pengen dibahas, ngobrol yuukk.. Aku mau jabarin dikit pandangan aku mengenai dua hal ini.

1. Dicintai

Bicara soal dicintai, pasti semua orang sepakat kalau dicintai jauh lebih indah daripada mencintai, right? Dicintai membuat kita merasa spesial, dihargai, dihormati, disayangi dan dikasihi. Cinta itu anugerah, jadi ketika kita dicintai seseorang artinya kita dianugerahi seseorang yang memuja kita dan biasanya mau melakukan apa saja untuk kita. Tapi dicintai membuat kita mempunyai beban moral terhadap orang yang mencintai kita. Kita jadi berhati-hati dalam bersikap dan bertindak. Tidak percaya? Coba telaah lagi pengalaman kamu sendiri.

Lalu bagaimana kalau yang mencintai kita itu adalah orang yang tidak kita sukai? Yang kita benci mungkin? Apa kalian masih tetap ngerasa kalau dicintai itu menyenangkan? Karena dicintai itu adalah pilihan. Kita dipilih, artinya kita tidak punya kesempatan untuk menghindar atau menolak. Sebenci apapun kita, tidak mudah menghilangkan rasa cinta seseorang yang telah tertanam pada kita.

2. Mencintai

Mencintai adalah sesuatu yang paling menyakitkan. Kesakitan di hati biasanya berasal dari cinta. Mencintai juga membuat kita bodoh. Namun, mencintai adalah pilihan. Kamu bebas menentukan kepada siapa kamu menjatuhkan hatimu. Kamu bebas memilih dan menentukan mana yang baik untukmu. Karena perasaan dan pikiran yang membimbingmu.

Bagaimana kalau kamu mencintai orang yang tidak mencintai kamu atau bertepuk sebelah tangan? Memang menyakitkan. Tapi semua tindakan ada resikonya. Ketika kamu memutuskan untuk mencintai, maka kamu seharusnya sudah siap dengan resiko-resiko yang nantinya akan menghalangi. Kehilangan, terpuruk, disakiti, bahkan mungkin di duakan, itu adalah resiko yang harus kita ambil ketika menjatuhkan pilihan pada seseorang. Kita bahkan bertindak bodoh dan rela melakukan apa saja demi orang yang kita cintai. Naive, manipulatif namun realistis.

Ada yang punya pengalaman seru waktu pacaran? Mind to share? Mian, bukan kepo, hanya mau lebih banyak berinteraksi dengan kalian semua.

Happy sharing..

 

 

27 thoughts on “To Love or To Be Loved? Mind to Share Your Story?

  1. Aku belum pernah pacaran yg bener bener pacaran terakhir wkt SMP itupun cinta monyet.lol
    Aku si mencintai walo pun gak enak karena hanya cinta one side tapi ada kepuasan tersendiri saat kita mengagumi atau melihat orang yg kita cintai bahagia rasanya gmana gtu. kan mencintai tdk selalu memiliki.hehehe
    melihat sang doi bahagia aku jg bahagia.haha
    mian ngelantur unn.wkwk
    *sembuyi dikamar yunho

    • Lha? Kan disini mau share story, jadi terserah kalau kamu mau cerita pengalaman kamu.
      Kalau aku sih lebih mending mencintai. karena dengan mencintai, selain kamu lebih bebas menentukan pilihan, kamu juga bisa belajar kan?

      *nyeret reader-nim keluar dari kamar yunho* :p

  2. dicintai itu lebih menyenangkan my sweety author.. sekalipun kita benci sama org itu.. tapi hati gakan bohong kalo dicintai itu lebih indah dari pada mencintai…
    dan kebanyakan mencintai itu bersifat ‘sementara ato skedar ambisi’ !!! mencintai itu mudah.. misalnya kita ketemu org ganteng.. keren.. apalagi kalo bintang sekolah itu pasti rasa kepincut ada, rasa ingin memiliki dan rasa cinta (tapi hnya rasa cinta karena kagum akan ketampanannya dsb)

    dan dicintai ssorg yg bener2 itu susah loh!! dan mnurut ak dicintai sama org yg kita bnci itu lebih menyenangkan.. apalagi dia ttp gigih buat ngedeketin kita dan terlebih dpt perhatian khusus.. serasa amazing gitu bisa narik ulur hati orang hahaha #plak
    kita bakal ngerasa kehilangan saat org yg mencintai kita itu menghilang!! *itu sudah pasti ngerasa kehilangan karena gada yg perhatian lg.. kalo mencintai itu capek sendiri terlebih capek sama sakit hatinya* eaaa jd curhat berkepanjangan

    • Dari komennya kayax sering banget pacaran nih :p
      oalah, masa? justru dicintai ama orang yang aku benci bikin aku pengen muntah tiap hari. frontal but that’s the fact.
      ah, kamu mah ikutan si kyu *evil* haha.
      kata siapa kepanjangan? aku belom puas bacanya. ayo sambung lagi! haha..

      • haha ak ngikutin si kyu doyan pacaran lol ~~

        yup emg sih kdg bikin ilfeel juga apalagi kalo cowoknya gabanget. tapi kalo dia ganteng nikmatin aja… dia ini yg kesiksa.. kita cuek aja!!!
        tp mengagumi org yg kita cintai itu seru juga…
        mmmmm dicintai seru apalagi dicintai byk org #ahaydeee.. klo mncintai itu lbh ada tantangannya!! meskipun suka nyesek2 dikit lah… ya gak kyu(?) wkwkwk
        tp ak mles buat mencintai.. males galaunya 😀

        kita sehati kyu suka menarik ulur hati org lain lalalala *nyanyi*

      • nah.. gw suka gaya lo.
        kl ganteng nikmatin, kalo jelek bodo amat, kn dia yg siksa. haha *dasar jahat*

        –” kenapa bawa2 Kyu? korban ff nih, haha. ah, gk seru nih, senengnya aja mau :p
        kan galau asik tuh, bisa sekalian denger lagu dangdut *gubrak*

        Kyu : Lo, siapa yah? :p

  3. Setuju bgt…aq juga lebih seneng dicintai dari pada mencintai.klo dicintai sudah pasti ga bakal disakiti, tapi klo mencintai hemmm bisa sakit hati tapi si enaknya saling mencintai dan dicintai. Tapi kok sayang sampai sekarang aq blum bisa membuka hati buat yg lain yah gara2 disakiti itu…kekekeke # eh malah curhat 🙂

    • Waduh.. siapa tuh yang nyakitin kamu *panggil geng motor* haha..
      jangan sakit hati lama2 lah say, berdamai ama diri sendiri yah? kan gk semua orang sama 🙂
      Apalagi dirimu cantik *ketahuan temen bbm* haha 😀

      • Sbnernya si udah ga sakit hati say, cuma ga tau ya susah aja buat nerima orang baru apalgi kagak ada yg nyantol di hati.trs aq sekali jomblo tu lm bgt. Ni ja udah 2th jablay kekekekeke.. Udah gitu ortu pgen aq cpet nikah…aduh jadi galau aQ ni..

      • Waduh, jangan jablai kelamaan yah?
        Ntar disambet mas2 disamping lho *yg mana yah?* haha..
        hayoo.. readers ada yg mau cariin chingu kita yg satu ini gak? 😀

  4. aku aku aku……….pernah one sided love wkt SMA. dan itu………hmmm bikin capek hati, sedih, merana, duhh macem-macem deh yg buat semuanya jadi ga semangat >_<
    dan semenjak itu aku ga mau mencintai terlebih dahulu. memang agak terdengar sedikit egois. tapi, dicintai jauuuuuuuhhh lebih enak. sebenci-bencinya pada orang yang mencintai kita, dg ketulusan hati+kesungguhan hati dia. ga bakal ada yg ga luluh. siapa sih yg ga suka diperhatiin dg tulus? di beri ksh sayang yg tulus+besar cm utk kita.
    serius, ak bnr2 pnh ngalamin kek gini. makanya aku kesian bgt sm nasib siwon. kek ngerasa jadi aku yang SMA dulu 😦

    • aku juga pernah ngerasain itu kok, tapi aku rasa semua orang juga pasti pernah kena, hehe.

      Waduh, asik juga yah kalo sulit jatuh cinta :). jiahhhh.. daddy nya dibawa2 XD
      ternyata gara2 pengalaman dong?

      Aku juga pernah tuh suka sama orang tapi ya Allah, orangnya gak nyadar. jangan kan kenal, anggap aku ada di dunia aja sepertix gak deh, haha. nasib orang jelek kali yah? soalx yg ditaksir tuh vokalis band sekolah hahahaha..

      • huhuhu aku dulu mlh ga ngerti dianya sk jg ato ga. yahh tarik kesimpulan sendiri kalo aku ‘one sided love’….karena……………..
        karena cm berujung HTS-an. makanya ak gak tau sbnrnya perasaan dia gmn. yaudah lah, drpd lama di HTS-in lbh baik ak mundr 😥 duh sedih bgt kalo inget” kejadian itu. hampir 1 th unnie ak brusha ngelupain itu.
        br deh stlh 1 th itu bs menerima org lain. emg dicintai itu lebihhhh segala-galanya buat aku, aplg buat cewek. dan untungnya org yg suka sm ak itu blm suka sm orang lain bwahahaaa

        ehh, ini bisa loh dijadiin jalan cerita ff ini bwahahaa
        chap 6 update soon pleaseeeeee *kisses unnie*

      • Nah, yg penting udah HTSan kan udah asik. Daripada gk dapet sama sekali? Hayo..
        Adaaaa aja nih ngelesnya.
        Yang penting kan sekarang udah move on.. Jangan dipikirin lagi yang belakang-belakang yah?
        eh, kan udah.. 😀 *kiss balik*

  5. Kalo aku lebih suka dicintai..
    Oke aku pernah dicintai dengan sabar..
    Dan itu indah..
    Aku dulu gk suka sama dy tpi karena kesabaran dan pasrahnya dy aku jdi luluh..
    Dan tanpa sadar aku jdi suka sama dy..
    Dan hari-hari sama dy kdng kyk temen tpi kdng kyk pacaran..sama dy jdi addict 😀
    Krena dy mencintai yg pertama dy jdi pndengar yg baik, aku gk pernah minta tpi dy slalu beri.
    Dan skrng aku kmbalikan ke dy krena aku jdi mencintai dy..
    Jdi oenni dicintai itu enak kok.. Dicintai membutku mencintai…

    • Iya, berarti mencintainya dari sisi dia bagus dong. soalnya apa yang dia pilih ternyata tepat, right?
      masih pacaran dengan dia sekarang?
      asikkk.. kata2 terakhirnya ngena dehh.. 🙂

  6. Aq juga pernah th chingu diposisi mencintai n dicintai pas sma… Tapi yah gitu deh, aq lebih mlih ngelepasin org yg mencintai aq n bertahan sama org yg aq cintai, eh gak tau” ny dia malah cuma dtg ke aq kalau lagi ad butuh ny aja, kalau gak gak dtg.. 😦
    #tragis.. 😦
    Tpi kayak ny lebih enak mencintai deh, soalnya kalau mencintai seseorg hidup berasa lebih berwarna aja, ngerasa deg”an, kangen, kesel, cmburu, penasaran, n kdang secara gak sngaja ngelakuin hal konyol kalau lagi dideket org yg kita cintai..
    Hehehe
    Dicintai juga enak sih, cma rasa ny gak semendebarkan kalau mencintai kayak ny..
    Menurut chingu gimana?
    #plak, ini udah kayak nlis di diary aja.. 🙂

    • Itu namanya resiko sayang.
      memang mencintai tuh butuh resiko karena udah ngorbanin perasaan kita. tapi pas kita dapat hati dia, kepuasan besar bakaln di dapat, benar kn?

      ak setuju. mencintai lebih asik, lebih banyak suka dukanya. lebih gregetan, haha..

  7. Aku pernah mencintai dan di cintai
    aku pernah mencintai cowo dan berniat nembak duluan tpi untungnya ga jdi nembak krn ternyata dia ga cinta sma aku.kmi dket krn dia kebetulan tmn sepupuku.dan dia cma nganggap aku ade 😦
    menurutku lebih baik di cintai dripda mencintai krn dicintai membuat kita merasa diinginkan

  8. Mencintai itu bikin jantung dag dig dug, bahagia, tertawa, ceria..pokoknya aura positif kita keluar krn sang pujaan hati. Tp klo mencintai orang yg salah malah sesak, uring2an ga jelas, marah, jutek pokoknya aura negatif yg ada. Memangvga bisa dipungkiri klo mencintai kita bebas menentukan siapa yg kita cintai, apa yg kita lakukan untuk dekat n merebut hati orang yg kita cintai. Tp jangan sampai kita salah mencintai org krn akan membawa kesedihan buat diri sendiri.
    Dicintai memang suatu hal yg indah. Kita diperlakukan istimewa, dilimpahi kasih sayang n perhatian. Perasaan kita juga jauh dr kata tersakiti n kecewa krn org yg mencintai kita akan selalu berusaha membuat kita bahagia.
    Lebih baik lagi klo kita mencintai dan dicintai oleh orang yg sama. Bahagia rasanya.
    Tapi jika hrs memilih antara mencintai dan dicintai, lebih baik memilih dicintai.
    Semua itu tergantung niat awal kita. Biasanya jika kita dicintai niat awal org itu adalah membuat kita bahagia lahir n bathin. Maka dia akan berusaha untuk mewujudkannya. Jika ternyata orang yg mencintai kita tdk sesuai dengan harapan kita maka kita harus berpikir positif dan realistis bahwa ini adalah jalan hidup n takdir yg sudah ditentukan oleh Allah SWT. Kita ga ada yg tahu siapa n bagaimana pasangan hidup kita. Krn Allah SWT menciptakan kita bersama dengan pasangan kita yg merupakan belahan jiwa kita.

      • Betul saeng…. Setuju. Kita jadi ga terlalu kecewa dgn apa yg akan terjadi. Karena di dunia ini semua ga ada yg abadi. Bisa berubah kapan aza… So, nikmati hidup sebagai nikmat dan karunia dari Allah SWT dengan sebaik-baik dan selalu berusaga mencapai yg terbaik sesuai dgn kemampuan kita.

  9. Mungkin karena aku udah ‘tua’ makanya pengalaman aku juga lumayan banyak.

    aku pernah dicintai oleh orang yg sama sekali aku gk suka. Tiap hari kerjax sms, tiap hari tlp. Udah ditolak berkali2 ttp aja kekeuh. Mana orangnya mesum trus mulutx gede lagi kemana2, bilang aku ma dia udah pacaran. stress! kl smsx gk dibales, dia malah beliin pulsa trs bilang “nah sekarang gd alesan gk bales sms kn?” ampun dehhh! Itu slah satu alasan aku bete bgt kenapa harus dicintai orang, apalagi yang tidak ‘diinginkan’.

    Pernah juga dicintai, sm pacar sih. Lumayan kita pacaran 4,5 tahun. semua yg aku mau terpenuhi. bahkan kadang aku yg ngecewain dia, maklum, aku masih kekanakan waktu itu sedangkan dia lumayan dewasa. bedax umur aja 5 thn. satu lagi yg mazing, aku sm pacar yg sekarang. setelah kenal thn 2003, kita baru jadian tahun 2012 kemaren. dan ternyata dia sudah suka ama aku sejak pertama ketemu. amazing and unbelieveble. Tapi itu yg terjadi.

    Intinya sama aja sih, mencintai atau dicintai. asal orang itu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Iya kan? *poke Yunho*
    Yunho : *poke jaejong* or *poke changmin*
    Me : Mati seketika
    hahah.. 😀

    • Itulah jalan hidup n takdir yg harus dijalani oleh kita. Kita mungkin punya pilihan ttp tetap yg menentukan adalah Allah SWT.
      Aq dah pernah mencintai seseorang dan ternyata aq salah mencintai dia…sakiit banget. Pernah juga dicintai orang tp aq ga cinta ma org itu. Ada peristiwa yg buat aq sadar klo aq ternyata cinta ma dia tp ternyata Allah SWT punya kehendak lain. Dia dah bahagia sama yg lain. Menyesal pasti tp hidup kan harus terus berjalan…. Kita tetap berteman sampai sekarang. Suka tertawa klo ingat apa yg pernah terjadi dintara kita.
      Positif thinking!

  10. kadang emg bingung memilih antara di cintai dan mencintai..
    pernah ngerasain gmn dicintai…emg enak tp hati ga bisa boong,kdg ga enak sama dia nya, kadang berusaha ingin mencintai pun sama, tp klo kita mencintai orang lain, tp dia ga cinta sama kita itu sakit banget, klo aq lbh memilih mending di cintai

  11. udah pernah merasakan keduanya dan aku rasa mecintai memang lebih punya makna^^
    mencintai belajar segalanya, pengorbanan, sakit hati, kedewasaan dalam menghadapi masalah. mencintai juga belajar tentang ketulusan bagaimana kita tidak memaksakan keinginan tapi belajar untuk merelakan demi kebahagaian. mencintai memang menyakitkan tapi kita tidak akan tahu arti cinta yang sesungguhnya tanpa mencintai. karena mencintai mempunyai makna terdalam dan mencintai akan indah apabila kembali dicintai oleh orang yg mencintai kita 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s